Ayam Jago Banten Dikenal Dari Khas Indonesia

Ayam Jago Banten Dikenal Dari Khas Indonesia


Ayamjantanhias - type ini jika dijaga di daerah lainnya yang kurang dapat berkembang dengan baik bahkan sering mati, kemungkinan karena ciri-ciri adaptasinya yang kurang sangat mungkin. 

Pada zaman Sultan Ageng Tirtayasa, ayam Banten popular kehandalannnya sampai ke daerah Bugis dan Malaka. Menjadi ayam adan type itu tidak gentar walau mendapatkan lawan yang makin besar. Ciri-ciri tidak gampang menyerah dan berani mati ialah ciri utamanya. Tapi sangat disayangkan, saat ini kedatangan ayam Banten tertekan oleh hadirnya Ayam Bangkok yang lebih populer di dunia ajang sabung ayam. Bahkan untuk mencari ayam Banten yang asli juga berasa cukuplah sulit, karena tingkah peternak yang berusaha mengawinsilangkan betina ayam Banten dengan pejantan ayam Bangkok. 

Satu di antara ayam lokal asli Indonesia yang telah jadikan menjadi ayam sabung tidak hanya ayam Ciparage, ayam Black Sumatera dan ayam Bali yaitu Ayam Banten. Ayam itu dinamakan dengan ayam Banten karena untuk kali pertamanya ayam itu hadir dari Provinsi Banten, persisnya di daerah Malimping dan tidak heran jika di tempat Banten itu juga dikenal dengan rutinitas sabung ayam Malimping Banten. 

Ayam sabung Banten mempunyai kekhasan sendiri yang sangat sensitif. Ayam laga tipe itu jika dijaga di daerah lainnya kurang dapat berkembang dengan baik dan biasanya akan mati, yang kesempatan karena ciri-ciri adaptasinya yang kurang baik

Ayam Jago Banten Dikenal Dari Khas Indonesia 

Tapi sangat disayangkan jika ayam yang seharusnya menjadi asset kebanggaan Indonesia itu, sekarang ini yang hampir tidak dapat dijumpai trah aslinya. Perihal seperti ini karena kedatangan ayam Banten tertekan akan hadirnya ayam Bangkok yang lebih populer di dalam dunia ayam. 

Serta tingkah beberapa peternak dan penghobi ayam aduan yang berusaha menghasilkan keturunan yang memiliki postur dan kemampuan yang lebih unggul dengan cara mengawin silangkan ayam Banten dengan ayam Bangkok ataupun ayam aduan yang lainnya. Dan Berikut ini yakni beberapa ciri umum ayam aduan banten. 

Ukuran paruh pendek dan berwarna kuning. 
Bentuk dan ukuran tubuh yang terlihat besar dan tinggi. 
Warna bulu bermacam seperti hitam, coklat, kuning dan merah. 
Kuping yang berwarna merah. 
Leher agak panjang. 
Jengger dan pial berwarna merah. 
Kaki panjang, kuat dan berwarna kuning. 
Berat jantan dewasa mencapai 2,5 kg. 
Untuk betina dewasa berat beratnya seputar 1,5 kg. 
Produksi telur rata-rata 10-15 butir per periode bertelur. 
Ayam Jago Banten Dikenal Dari Khas Indonesia Ayam Jago Banten Dikenal Dari Khas Indonesia Reviewed by Unknown on 21.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Agen Sabung ayam